Kuliah Daring di Tengah Pandemi Covid-19




Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang pesat memberikan dampak yang sangat  signifikan diberbagai aspek kehidupan masyarakat. Mulai aspek sosial, ekonomi, politik dan bahkan pendidikan. Dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi masyarakat dapat dengan mudah memperoleh pengetahuan serta wawasan dari internet. Banyaknya sumber yang tersebar disertai dengan kemudahan untuk menjangkau melalui handphone menjadikan internet sebagai alat ketergantungan masyarakat yang tidak bisa dilepas. Banyaknya masyarakat yang menggunakan internet sebagai tempat melakukan akitivitas kerja dan belajar. Tentu sangatlah sulit dibayangkan bagaimana manusia tanpa internet.
Saat ini Indonesia tengah dihadapkan dengan tantangan pandemi covid-19 yang memberi dampak  dibeberapa sektor seperti ekonomi, sosial, dan teknologi dan bahkan sektor pendidikan kini juga mau tak mau harus dapat beradaptasi dengan kondisi covid-19 ini. Namun disisi lain pandemi ini memberi dampak positif dan negatif pula. Melihat kondisi seperti saat sekarang ini, tentu itu kita sebagai mahasiswa (Agen Of Change) harus mampu memanfaatkan media sebagai salah satu alat propaganda agar pendidikan tidak mandek. Saya yakin semua perguruan tinggi di Indonesia tengah gencar dalam penyelenggaraan pendidikan yang menerapkan program yang dikenal sebagai program kuliah daring atau sistem e-learning/online learning.
Sesuai dengan surat edaran dari Kemendikbud Nomor : 262/E.E2/KM/2020. Hal : Pembelajaran Selama Masa Darurat Pandemi Covid-19. Perguruan Tinggi untuk dapat mengatur pembelajaran dari rumah yang dapat dilakukan dalam berbagai bentuk kegiatan yang positif, baik berupa pembelajaran daring maupun luring. Kebijakan-kebijakan tersebut merupakan langkah positif, tetapi cenderung tidak efektif dan efisien. Efektif-kah (kuliah daring)? Bagaimana strategi (kuliah daring) yang efektif dan efisiensi?. Bagaimana sebenarnya penerapannya?. 
Nah Pertama, Perkembangan teknologi memungkinkan perkuliahan seperti di dalam kelas dapat diakses di rumah. Komunikasi 2 arah pada program kuliah daring antara dosen dan mahasiswa akan semakin baik karena semakin banyaknya pilihan media komunikasi yang tersedia. Media komunikasi yang banyak memungkinkan dosen memberikan perkuliahan secara langsung melalui video conference atau rekaman. Maka dari itu mahasiswa dapat memutar kembali video atau rekaman secara berulang kali sebagai materi pembelajaran bila mana ada materi yang sulit untuk dipahami.
Kedua, Mahasiswa yang mengikuti program kuliah daring dapat lebih menghemat waktu dan tenaga. Disisi lain tergantung dengan ketidakstabilan koneksi internet baik dari mahasiswa maupun dosen dalam menjalankan perkuliahan daring, maka sangat tentu ini  diharapkan rasa keadilan dalam memberikan penilaian bagi mahasiswa.
Ketiga, Dosen memberikan tugas yang sewajarnya untuk mahasiswa dan jangan disamakan dengan seperti biasanya. Misalkan, memberikan tugas membaca buku kepada mahasiswa sesuai dengan mata kuliahnya sebanyak 3 buah buku kemudian di review dan dikumpul saat ujian akhir semester. Hal ini merupakan salah satu langkah yang efektif bagi saya dalam memberikan pembelajaran kepada mahasiswa.
Strategi Pembelajaran Kuliah Daring.
Untuk persiapan sistem pembelajaran daring, perguruan tinggi harus banyak melakukan persiapan, seperti pembenahan dan revitalisasi, baik dari segi infrastruktur, sarana prasana dan sumberdaya. Ditengah pandemi Covid-19 ini, pembelajaran yang tepat adalah sistem e-learning/online learning harus dilakukan secepat mungkin karena teknologi tidak dapat dibendung apa lagi kondisi saat ini covid-19 tidak bisa diprediksi kapan akan berakhir. Maka salah satu upaya alternatif dan strategi yang harus di siapkan perguruan tinggi yaitu 
Pertama,Sarana dan Prasarana
Salah satu yang harus disiapkan oleh perguruan tinggi adalah sarana dan prasarana, seperti platform dan juga tool yang dipakai oleh perguruan tinggi dalam melaksanakan kuliah daring dan juga salah satu aspek fasilitas terpenting yaitu data kampus dan Informasi yang harus tersampaikan dengan baik untuk kalangan pendidik maupun yang dididik.
Kedua,SDM yang mumpuni
Untuk menjalankan program kuliah daring, tentu kampus harus mempersiapkan SDM yang mengetahui tentang sistem yang akan digunakan, seperti mempersiapkan platform yang akan digunakan untuk kuliah daring dan juga mempersiapkan penanggung jawab bahan materi yang akan digunakan dalam perkuliahan daring serta kebutuhan lainnya.
Ketiga,Pembelajaran afektif atau SPA
Pembelajaran afektif salah satu jenis strategi pembelajaran pdf yang berhubungan dengan value atau nilai yang tidak mudah diukur. Hal ini dikarenakan menyangkut pada kesadaran diri seseorang yang telah tumbuh  sejak berstatus sebagai siswa. Sedangkan afektif bisa muncul pada kejadian behavioral. Namun untuk bisa melakukan penilaian maka harus membutuhkan observasi dan ketelitian secara terus menerus.

Penulis  : Arwan eko (tebing api purba)
Editor  :  Aswar  prayoga


Komentar

Postingan Populer